Ajukan Paten, Teknologi Buatan Microsoft Ini Bisa Kendalikan Aplikasi Hanya Dengan Pikiran

Ajukan Paten, Teknologi Buatan Microsoft Ini Bisa Kendalikan Aplikasi Hanya Dengan Pikiran

Sejak satu dekade yang lalu perkembangan teknologi mulai nampak terlihat dimata umum. Salah satunya yang paling mencolok adalah ponsel pintar atau smartphone, perangkat yang mempunyai segudang manfaat itu memang sangat mendongkrak perkembangan teknologi khususnya di era digital seperti saat ini.

Dimulai dari hal itu, perkembangan teknologi semakin hari terus dikembangkan dengan menghadirkan hal-hal yang baru. Seperti perusahaan Microsoft yang dikabarkan sudah mengajukan hak paten untuk perangkat pintar yang telah mereka kembangkan sejak beberapa tahun belakangan.

Terobosan yang dilakukan oleh Microsoft bisa dibilang sangat canggih, karena perusahaan telah menelurkan sebuah perangkat canggih dimana seseorang dapat mengendalikan aplikasi hanya dalam pikiran. Penemuan ini sekaligus akan menjadi perangkat masa depan yang bisa dioperasiakan oleh manusia tanpa gerakan.

Setelah di patenkan oleh Microsoft, perangkat canggih dengan pengendalian pikiran itu sudah bisa dioperasikan oleh pengguna. Perangkat ini tidak jauh berbeda dengan teknologi yang telah dikembangkan oleh Microsoft, namun teknologi ini diklaim lebih baik dari sebelumnya karena seseorang hanya menggunakan alat yang telah dilengkapi sensor dan alat tersebut di ikat pada kepala maka dengan alat itu pengguna secara spontan akan membaca data neurologis sehingga bisa melakukan membuka, mengontrol aplikasi melalui pikiran mereka.

Lihat : Spesifikasi Haier G51 Hp Android Paling Murah Dengan OS Nougat

Sensor tersebut nantinya akan mentransfer sinyal neurologis dengan sistem pembacaan seperti electroencephalogram (EEG), yang nantinya sensor tersebut akan diterima oleh sebuah perangkat yang dapat membaca kode yang akan dikirimkan kembali untuk mengendalikan sebuah aplikasi.

Perangkat tersebut nantinya akan dilatih untuk dapat membaca sinyal disekitarnya yang dapat digunakan dengan aplikasi yang di inginkan oleh pengguna. Secara langsung perangkat ini bisa membaca pola pikir penggunanya, begitu juga aplikasi yang akan dioperasikan oleh pengguna. Melalui fluktuasi neuron pengguna bisa melakukan kegiatan melukis dan memindahkan sebuah objek hanya dengan pikiran.

Pengguna juga dapat melakukan yang lain seperti memeggang layar komputer, mengeklik mouse dan menekan tombol. Semua itu bisa dilakukan oleh pengguna, jika pengguna bisa memfokuskan pikiran mereka untuk melakukan gerakan dengan pola pikirannya sendiri.

Lihat Juga : Samsung Mundur Luncurkan Smartphone Layar Lipat Galaxy X Hinga Akhir Tahun Ini

Teknologi tersebut dapat bekerja dan mengoperasikan kontrol aplikasi, video game, simulator VR hingga perangkat 3D. Meski teknologi tersebut sudah dipatenkan Microsoft namun belum ada kabar kapan penemuannya itu dirilis atau digunakan oleh manusia. Mengingat teknologi ini pastinya akan membantu manusia untuk melakukan bebera hal dengan mudah.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *